Berita

BERSINERGI MELINTASI PULAU, KUNJUNGAN SMP MUHAMMADIYAH 1 BANJAR BARU DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO

Hari Jumat tanggal 25 Juni 2021 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo kedatangan rombongan tamu dari SMP Muhammadiyah 1 Banjar Baru. Diterima di perpustakaan SMA Muhipo, rombongan dari SMP Muhammadiyah 1 Banjar Baru disuguhi dengan desain ruangan perpustakaan yang milenial. Rombongan yang dipimpin oleh Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Banjarbaru Bapak Radli Kurniawan, S.Pd., M.M berjumlah 10 orang yang terdiri dari Dikdasmen Banjarbaru, wakil kepala sekolah, Koordinator Program Tahfidz dan Koordinator Program Inklusi. Rombongan didampingi oleh Ustadz Rohmadi, M.Pi direktur PTQ (Pondok Pesantren Tahfidz) Aisyiyah Ponorogo.

SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo menerima dengan gembira kunjungan tersebut. Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Sekolah dan jajaran Wakil Kepala Sekolah. Pertemuan berlangsung selama 3 jam yaitu dari jam 13.00 sampai dengan jam 15.00. Pada pertemuan ini pihak SMP Muhammadiyah 1 Banjarbaru mengemukakan keinginan untuk mengetahui pengelolaan kelas tahfidz dan program sekolah inklusi yang berjalan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Kepala sekolah, Bapak Muh. Kholil, M.Pd.I memaparkan bahwa kelas tahfidz di SMA Muhipo telah berjalan selama 4 tahun dan tahun ini memasuki angkatan kelima. Peserta didik pada kelas ini diwajibkan untuk mondok di PTQ Aisyiyah dan PPTQ Ahmad Dahlan. Pembelajaran di sekolah disinergikan dengan program hafalan di pondok.

Melayani peserta didik di kelas tahfidz bukan tanpa kendala. Beban yang lebih dibanding peserta didik yang di kelas lain menjadi tantangan bagi guru dan peserta didik untuk mencari cara efektif agar tujuan pembelajaran tercapai. Motivasi dan sinergi yang diberikan guru di sekolah dan ustadz, ustadzah di pondok membantu peserta didik untuk manajemen diri dalam menyelesaikan tugas di sekolah maupun tugas di pondok. Alhamdulillah, animo masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya di kelas tahfidz semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Selain program kelas tahfidz, pertemuan ini juga membahas program inklusi yang sudah lama berjalan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo pernah melayani anak anak berkebutuhan khusus yang kelasnya menjadi satu dengan anak-anak regular. Kesamaan visi diantara semua warga sekolah menjadi kunci keberhasilan pendampingan anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di SMA Muhipo. Dukungan dan koordinasi dengan orang tua juga sangat mendukung dan harus selalu dijaga. SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo selalu berkomitmen untuk menjadi sekolah yang ramah pada semua anak.

Pertemuan yang berjalan dengan suasana kekeluargaan dengan banyak bertukar pengalaman menjadi sebuah sinergi yang menggembirakan bagi amal usaha pendidikan yang sama sama bernaung di bawah persyarikatan Muhammadiyah. Pertemuan ini diakhiri dengan penyerahan kenang kenangan dari kedua belah pihak, foto bersama dan sholat ashar berjamaah di masjid Al Kahfi SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Semoga pertemuan ini menjadi awal ikatan kekeluargaan antara SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo dan SMP Muhammadiyah 1 Banjarbaru. Terimakasih atas kehadirannya di bumi reyog, di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.

One Reply to “BERSINERGI MELINTASI PULAU, KUNJUNGAN SMP MUHAMMADIYAH 1 BANJAR BARU DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.