PPDB

PPDB 2021

PROGRAM KELAS

DAN JALUR PENERIMAAN

A. Program Kelas

  • KELAS UNGGULAN

1. Kelas Bilingual

Kelas Bilingual kelas yang dirancang untuk memberikan pelayanan kepada calon peserta didik yang berasal dari SMP/MTs, Negeri/Swasta yang memiliki program Bilingual, atau yang bersangkutan memiliki prestasi di bidang akademik dan kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan hasil tes Bahasa Inggris yang diselenggarakan panitia PPDB SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo:

Program Bilingual memiliki daya tampung 2 kelas atau  72 peserta didik baru. Program ini melaksanakan kurikulum 2013/ Kurikulum Nasional dengan  peminatan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

2 .Kelas Tahfidz

Kelas Tahfidz di peruntukan bagi siswa –siswi SMP/MTs yang memiliki minat dalam bidang tahfidzul Qur’an. Program ini terdiri dari 1 ( satu )  rombel dengan jumlah  25 siswa-siswi. Program Pembelajaran pada kelas intensif tahfidz  mengikuti program pembelajaran regular dengan beban belajar yang dikhususkan dan ditambah program tahfid yang terintegrasi dalam jadwal pembelajaran sehari-hari. Kelas ini masuk program MIPA.

3. Kelas Seni Budaya

Kelas Seni Budaya merupakan program kelas unggulan baru yang konsentrasi pada bidang seni tari. Daya tamping 1 kelas dengan 36 siswa. Program pembelajaran di kelas ini mengikuti kurikulum nasional yang dimodifikasi. Kelas ini masuk program IPS.

  • KELAS REGULER

Kelas reguler diperuntukkan bagi siswa SMP/MTs dengan mengikuti proses seleksi yang meliputi:

  1. Seleksi administrasi
  2. Placement Test (tes penempatan kelas)

Kelas Reguler memiliki daya tampung 4 kelas sebanyak 128 peserta didik baru. Program reguler melaksanakan kurikulum 2013 dengan 2 peminatan, yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)  dan  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

A. Jalur Penerimaan

1. Jalur Bidik Misi dan Kader Persyarikatan

Jalur Bidikmisi persyarikatan adalah progam pengkaderan persyarikatan Muhammadiyah bagi siswa kurang mampu tetapi memiliki kepribadian yang baik dan semangat belajar yang tinggi yang akan bersekolah di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo melalui rekomendasi persyarikatan dengan tujuan agar kelak menjadi kader penerus persyarikatan. Media Promosi dari jalur kader persyarikatan ini melalui Surat dan sosialisasi ke Pimpinan Cabang Muhammadiyah, Cabang Aisyiah maupun sekolah/madrasah Muhammadiyah di lingkup Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ponorogo. Pendaftaran dibuka tanggal 1 Januari 2021 sampai dengan 31 januari 2021. Siswa yang diterima di jalur ini akan mendapatkan fasilitas berupa dispensasi SPP selama 3 tahun, Dana Pengembangan dan seragam lengkap. Besar dispensasi ditentukan berdasarkan  hasil penilaian lapangan oleh tim dan hasil wawancara tim dengan calon wali murid. Kuota pendaftaran jalur Bidikmisi persyarikatan  terbatas 42 siswa dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut :

  • Mengisi formulir pendaftaran Online
  • Rekomendasi Pimpinan Cabang Muhammadiyah atau Pimpinan Cabang Aisyiyah setempat maupun Pimpinan Ranting Muhammadiyah setempat sekaligus surat keterangan bahwa yang bersangkutan siap menjadi kader persyarikatan Muhammadiyah.
  • Surat Keterangan dari Kepala Sekolah/Madrasah yang menerangkan bahwa nama tersebut merupakan siswa kelas IX SMP/MTs dan telah terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional/telah mengikuti Ujian Nasional.
  • Pas foto berwarna 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  • Mengerjakan Tes kemampuan Akademik (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan IPS), Psikologi, dan Bahasa Inggris secara on line di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
  • Foto copy nilai Raport/LHB (Laporan Hasil Belajar) siswa kelas VII semester 1 sampai kelas IX semester 5 sebanyak 1 lembar dilegalisir oleh Kepala Sekolah/Madrasah.

2. Jalur Prestasi

Jalur prestasi diperuntukkan bagi calon  peserta didik baru yang berasal dari siswa berprestasi baik akademik maupun non akademik melalui rekomendasi kepala SMP/MTs. Siswa yang diterima di jalur ini akan mendapatkan fasilitas Bebas SPP selama 3 tahun, Dana Pengembangan dan seragam lengkap. Kuota pendaftaran jalur undangan terbatas 20 siswa dengan ketentuan dan syarat :

  • Mengisi formulir pendaftaran  Online
  • Rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah untuk masuk di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo karena yang bersangkutan memiliki prestasi baik bidang akademik maupun non akademik.

Prestasi akademik : rangking 2 besar di kelas

Prestasi non akademik : minimal juara 1,2,3 tingkat kabupaten

Prestasi Al- Qur’an : minimal hafizh 3 Juz

  • Pas foto berwarna 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  • Menyerahkan piagam prestasi baik bidang akademik maupun non
  • Juara 1, 2 dan 3 pada event M-one Competition dan Olymbasict yang diselenggarakan SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo Tahun 2018, 2019 dan 2020.

Pendaftaran dibuka tanggal 1 Januari 2021 sampai dengan 31 januari 2021. Tes wawancara dilakukan tanggal 15 Januari 2021.

3. Jalur Non Beasiswa.

Jalur non beasiswa adalah progam penerimaan peserta didik baru dengan mengikuti Program dan ketentuan PPDB  dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur tahun 2021/2022. Ketentuan dan syarat program jalur regular adalah sbb:

  • Mengisi formulir pendaftaran secara online.
  • Menyerahkan foto copy STTB ( bagi lulusan tahun 2016 ) atau foto copy Surat Keterangan lulus dari Kepala Sekolah/Madrasah ( bagi lulusan tahun 2018 ) yang telah diligalisir sebanyak 2 lembar
  • Pas foto berwarna 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  • Mengerjakan Tes potensi Akademik yang meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan Bahasa Inggris secara on line di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo pada saat Fortasi / MOPD.  Test ini untuk keperluan penempatan kelas dan penjurusan / peminatan.

C. Waktu dan Tempat Pendaftaran

Pendaftaran dibuka tanggal 01 Januari 2021 dan ditutup tanggal 13 Juli 2021.

Kantor Sekretariat PPDB SMA Muhipo

Jl. Batoro Katong No. 6-B Telp/Fax (0352) 481521 Ponorogo 63411

e-mail : muh1po_first@yahoo.co.id

website : www.smamuhipo.sch.id

D. Daftar Ulang

Calon peserta didik baru tahun pelajaran 2021/2022 wajib mengikuti DAFTAR ULANG. Adapun kelengkapan daftar ulang adalah sebagai berikut:

  1. Menyerahkan kartu pendaftaran
  2. Membayar administrasi sebagai berikut:
  3. Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) bulan Juli 2021 sebesar Rp. 200.000,00 untuk program Tahfizh, Seni Budaya dan regular, Rp. 225.000 untuk program bilingual.
  4. Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) sebesar Rp. 2.000.000 untuk program regular dan Rp. 2.500.000 untuk program bilingual ( DPP dapat diangsur selama sekolah )
  5. Uang Seragam Sekolah :

Putra Rp. 1.175.000, 00

Putri Rp. 1.395.000, 00

Pembayaran dilakukan di Sekretariat  Panitia PPDB SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, pada saat daftar ulang. Info lebih lanjut dan terbaru bisa di cek di ppdb.smamuhipo.sch.id

2 Replies to “PPDB 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.