Berita

Hadapi Era 4.0, SMA Muhipo Kembangkan Generasi Muda yang Beradab, Berbudaya dan Berdaya Saing

Setelah 2 kali melaksanakan kegiatan Fortasi secara daring dikarenakan pandemi, akhirnya pada tahun ini SMA Muhipo melaksanakan kegiatan Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa (Fortasi) secara luring. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 18-22 Juli 2022. Kegiatan ini diikuti sebanyak 224 siswa-siswi baru.

Fortasi sendiri bertujuan untuk melakukan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa-siswi baru. Secara tersirat, persiapan fortasi ini telah dimulai sejak PPDB SMA Muhipo dibuka. Sedangkan secara kepanitiaan mulai mempersiapkan Fortasi setelah mendapatkan surat tugas dari Kepala SMA Muhipo Muh. Kholil, M.Pd.I.

Kegiatan yang dilakukan pada Fortasi kali ini cukup banyak. Diantaranya adalah pemberian materi, outbound, tes kemampuan membaca Al-Qur’an, kunjungan ke Amal Usaha Muhammadiyah (Kantor PDM, Radio Gema Surya, Rasuna Bank, Surya Mart, Panti Asuhan Tuna Netra, dan Universitas Muhammadiyah Ponorogo), Muhipo Got Talent serta demo ekstra yang diselenggarakan di Ponorogo City Center (PCC) di hari terakhir kegiatan Jumat (22/7/2022).

Tema Fortasi yang diambil tahun ini ialah “Membentuk Siswa Beradab, Berbudaya, dan Berdaya Saing Era 4.0”. Diketahui tema tersebut terinspirasi dari kehidupan saat ini yang tidak lepas dengan teknologi yang serba digital. Anton Mukminin, selaku ketua panitia Fortasi tahun menjelaskan bahwa tantangan adab generasi muda di era ini sangat besar. Mengingat semua hal bisa kita jangkau melalui teknologi secara cepat dan praktis, bisa saja hal tersebut menurunkan adab para generasi muda.

“Meskipun digital menguasai proses kehidupan, akan tetapi kita tidak boleh lupa dengan adab. Tau mana yang benar dan mana yang tidak benar, lalu kita dapat memilahnya. Nah, proses memilahnya itu dari segi bagaimana ia beribadah kepada Allah serta bagaimana perilakunya terhadap sesama dan lingkungan sekitarnya.” Ujarnya.

Kegiatan  Fortasi ini juga mendapat sambutan yang meriah dari seluruh warga SMA Muhipo. Terutama bagi siswa-siswi baru yang menjadi peserta Fortasi. Adinda Nur Ramadhani, selaku peserta Fortasi mengatakan bahwa Fortasi kali ini terasa sangat meriah, seru, dan mengasyikkan. Ia juga berharap semoga Fortasi di tahun yang akan datang bisa lebih baik dan meriah dengan bertambahnya jumlah peserta yang mengikutinya.

Kontributor Najwa alifa, Karima Kamil

Editor Pambajeng Yudo Handono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.