Berita

NUANSA SYAHDU RAMADHAN DI KAMPUNG RAMADHAN SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO

Bulan Ramadhan yang mulia telah hadir. Segenap umat muslim menyambut dengan gembira. Nuansa keberkahan Ramadhan menjadi impian setiap insan. Merasakan manisnya beribadah dan merasakan kedekatan dengan Sang Pencipta. Di bulan Ramadhan 1442 H ini SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo kembali menggelar kegiatan Kampung Ramadhan.

Kampung Ramadhan adalah serangkaian kegiatan yang dikemas untuk menghadirkan suasana religius seluruh warga SMA Muhammadiyah. Agenda kegiatan kampung ramadhan meliputi : Dai mengabdi, pesantren Ramadhan, peringatan Nuzulul Qur’an, Khatmil Qur’an, Tasmi’ Qur’an, Parade Video Dakwah, Ramadhan Menulis, Ifthar Jama’i, dan Pengumpulan Zakat Fitrah. Begitu banyak kegiatan yang diadakan untuk menyemarakkan dakwah di bulan Ramadhan.

Dai mengabdi dilakukan pada tanggal 23 April 2021 sampai dengan tanggal 28 April 2021 mengirimkan 7 siswa SMA Muhammadiyah ke daerah Pudak untuk membantu kegiatan masyarakat di daerah tersebut. Mereka juga membawa misi dakwah dengan menjadi imam sholat, menyampaikan ceramah keagamaan, dan mengajar baca tulis Al Qur’an. Pesantren Ramadhan adalah kegiatan pembekalan keagamaan kepada siswa kelas X dan XI di sekolah yang meliputi materi fiqih Ramadhan, adab pergaulan islam, dan ibadah praktis. Pesantren Ramadhan dilaksanakan pada tanggal 26 – 28 April 2021 bertempat di sekolah. Di pesantren Ramadhan juga dilakukan pembiasaan ibadah shalat dhuha, tadarus Qur’an dan sholat dhuhur berjamaah.

Peringatan Nuzulul Qur’an dilaksanakan Rabu malam tanggal 28 April 2021 dengan menggelar sholat isya berjamaah, shalat tarawih, dan ceramah keagamaan, kegiatan ini diikuti sebagian warga sekolah dan disiarkan langsung melalui chanel youtube sma muhipo. Keesokan harinya tanggal 29 April 2021 dilaksanakan Khatmil Qur’an secara serentak baik siswa dan guru yang ada di sekolah maupun di rumah sehingga dalam satu hari warga SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo dapat mengkhatamkan bacaan Qur’an sebanyak 20 kali.

Kegiatan berikutnya adalah parade video dakwah yaitu penanyanyan video dakwah dari siswa yang diupload di chanel youtube sma muhipo mulai tanggal 26 April 2021 pada pukul 17:15 WIB Pada kampung Ramadhan kali ini sekolah juga berupaya menumbuhkan budaya literasi warga sekolah dengan mengadakan kegiatan Ramadhan menulis yang akan diterbitkan sebagai rangkaian tulisan warga sekolah tentang Ramadhan 1442 H.

Kegiatan yang bersifat sosial juga diselenggarakan dengan mengadakan ifthar jama’i warga sekolah dan masyarakat sekitar sekolah. Kegitan inidiadakan pada tanggal 22 April 2021 dengan menghadirkan guru, karyawaan, siswa dan warga sekitar sebanyak 300 orang. Kegiatan diawali dengan pemberian bingkisan pada warga sekitar, tausiyah, buka bersama, dan shalat maghrib berjamaah. Kegiatan sosial lain adalah pengumpulan zakat fitrah dari warga sekolah yang nantinya akan disalurkan kepada pihak pihak yang berhak menerima.

Puncak acara kampung Ramadhan diselenggarakan pada hari jumat tanggal 30 April 2021 dengan mengadakan Tasmi’ Qur’an bertempat di masjid al Kahfi. Kegiatan ini adalah upaya untuk mendekatkan diri selalu dengan Qur’an. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas tahfidz SMA Muhammadiyah  Ponorogo. kelas Tahfidz ini telah diselenggarakan selama 4 tahun dan bekerja sama dengan PPTQ Ahmad Dahlan dan PPTQ Aisyiyah. Beberapa siswa telah mencapai hafalan 30 juz dan siswa lainnya mempunyai hafalan yang bervariasi. Mereka melantunkan hafalan ayat al Qur’an dan disimak oleh warga sekolah yang hadir. Betapa indah dan syahdu Ramadhan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo dengan berbagai kegiatan yang selalu menghadirkan lantunan Qur’an. Semoga Allah berkenan untuk selalu melimpahkan rahmat dan keberkahan bagi SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. ya Allah kami mohon kepada Mu keberkahan bagi sekolah kami, kebaikan bagi sekolah kami, hindarkanlah keburukan dari sekolah kami, dan jadikanlah kami serta siswa siswi kami sebagai orang yang sholeh dan shholihah. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.